Pakai Wi-Fi Gratis Memang Enak, Tapi Pastikan Ikuti 8 Aturan Berikut

Image result for wifi

Coba tebak, apa yang paling dikhawatirkan generasi milenial saat berada di tempat umum? Bukan masalah harga makanan atau minuman yang mahal, tapi ada atau tidaknya Wi-Fi. Ya, saat ini jaringan internet menjadi sesuatu yang sangat penting bahkan melebihi makanan atau minuman. Banyak orang yang tak keberatan hanya meminum secangkir kopi selama setengah hari asal bisa berdiam diri sambil menikmati Wi-Fi gratis yang disediakan di sebuah kafe atau restoran.

Hal tersebut tidak lepas dari makin tingginya ketergantungan generasi masa kini terhadap segala sesuatu yang ada di dunia maya. Mulai dari YouTube, media sosial, hingga aplikasi chat harus dibuka setiap saat. Sebentar saja hidup tanpa aplikasi-aplikasi tersebut, rasanya seperti kehilangan arah dan tak tahu apa yang harus dilakukan. Nah, itulah mengapa Wi-Fi gratis menjadi salah satu fasilitas yang banyak sekali dicari, apalagi dengan memakai Wi-Fi gratis bisa menghemat biaya paket data yang tidak murah.

Baca juga: 6 Game untuk iPhone dan iPad yang Dijamin Bikin Ketagihan dalam Memainkannya

Akan tetapi, banyak yang tidak sadar kalau mengakses Wi-Fi gratis di tempat umum sangat berpotensi menyebabkan masalah pada gadget yang Anda gunakan. Maka dari itu, untuk bisa memakai Wi-Fi gratis secara aman, Anda perlu memperhatikan tips berikut ini:

Hanya gunakan koneksi Wi-Fi yang aman

Saat tiba di sebuah kafe atau restoran, mungkin akan ada banyak koneksi Wi-Fi yang masuk ke jangkauan smartphone atau laptop Anda. Tapi  jangan sembarangan untuk menyambungkan gadget ke Wi-Fi yang ada. Pastikan Anda bertanya terlebih dahulu kepada petugas di kafe atau restoran tersebut, mana Wi-Fi yang memang disediakan untuk pelanggan. Anda juga sekaligus bisa menanyakan passwordnya sehingga bisa lebih nyaman menggunakan internet dengan Wi-Fi gratis. Jangan sembarangan menyambung ke Wi-Fi gratis yang tersedia karena bisa saja gadget yang Anda gunakan terkena virus atau bahaya lainnya.

Baca juga: 7 Smartphone Terhebat yang Dirilis dalam Kurun Waktu Beberapa Bulan Terakhir Ini

Hindari meninggalkan gadget

Ketika sudah terbiasa menggunakan Wi-Fi gratis di suatu tempat, Anda mungkin merasa aman dan nyaman hingga tanpa sadar sering meninggalkan barang di atas meja. Meski hanya meninggalkannya sebentar misalnya saja untuk memanggil waitress atau ke kamar mandi, tetap saja ada resiko barang yang Anda tinggalkan akan hilang. Jangankan barang yang tergeletak begitu saja, saat ini bahkan sudah banyak pencuri yang nekat mengambil barang yang sedang dipegang oleh pemiliknya. Jadi daripada menyesal di kemudian hari, lebih baik tidak membiasakan diri untuk meninggalkan barang di lokasi akses Wi-Fi gratis.

Jangan pernah mengatur jaringan wireless secara otomatis

Saat berada di rumah atau di kantor, Anda boleh saja mengatur jaringan Wi-Fi secara otomatis sehingga tidak perlu melakukan koneksi secara manual setiap hari. Hal tersebut aman dilakukan karena rumah atau kantor memang bisa dibilang merupakan lokasi yang aman untuk beraktivitas secara online. Orang yang menggunakan jaringan Wi-Fi tersebut juga pasti sudah saling kenal dan bisa dipercaya. Tapi saat berada di tempat umum, jangan terbiasa untuk mengatur jaringan secara otomatis karena Anda tidak akan pernah tahu apa yang terjadi jika sembarangan terhubung ke jaringan tak dikenal.

Hindari membuka akses file sharing saat memakai Wi-Fi gratis

Hal yang sangat sering dilupakan oleh pengguna Wi-Fi gratis adalah mematikan akses file sharing alias berbagai file yang bisa diakses oleh orang lain di jaringan yang sama. Anda mungkin merasa tidak ada data yang penting di dalam gadget yang dimiliki. Tapi ingat, bahkan sekedar foto saja juga bisa jadi sesuatu yang dimanfaatkan untuk hal negatif. Misalnya saja jika Anda pernah menyimpan foto-foto mesra bersama pasangan, hal tersebut bisa dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab untuk mengancam dan memeras dengan meminta sejumlah uang. Anda tentu juga tidak mau kan, jika foto-foto pribadi sampai tersebar di internet secara luas?

Jangan melakukan transaksi perbankan secara online

Hal lain yang juga sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan saat menggunakan Wi-Fi gratis adalah membuka situs m banking. Anda mungkin berpikir untuk mengisi waktu luang sambil belanja barang favorit di situs kesayangan. Tapi ingat, saat harus melakukan pembayaran secara online, Anda pun harus memasukkan data pribadi yang berkaitan dengan akun rekening. Hal tersebut bisa sangat berbahaya sebab Anda tidak tahu siapa saja yang bisa mencuri data melalui jaringan Wi-Fi gratis tersebut. Jadi daripada terlanjur kejadian, lebih baik cegah dulu jangan sampai data yang berhubungan dengan akun perbankan Anda bisa diketahui orang lain.

Hindari masuk ke situs yang ingin Anda rahasiakan dari orang lain

Ada kalanya kita membuka situs-situs yang sebenarnya akan sangat memalukan jika diketahui oleh orang lain. Nah, kalau Anda punya kebiasaan seperti ini, pastikan untuk tidak membuka situs-situs tersebut pada saat menggunakan jaringan Wi-Fi gratis. Sebab bukan tidak mungkin akan ada orang lain yang mengetahui aktivitas Anda tersebut. Kalau sedang memakai Wi-Fi gratis, sebaiknya buka situs-situs yang umum dan tidak akan memalukan seandainya diketahui oleh orang lain.

Pastikan hanya memakai situs dengan ‘https’

Anda bisa mengetahui aman atau tidaknya sebuah situs dengan melihat URL-nya. Jika situs tersebut memiliki URL yang diawali dengan ‘https’, maka bisa dipastikan jika situs tersebut aman karena sudah dienkripsi. Jika Anda masuk ke situs yang belum terenksripsi, maka ada kemungkinan informasi yang Anda masukkan ke dalamnya akan bisa terbaca oleh orang lain. Hal tersebut bisa membuka peluang penipuan lainnya dengan memanfaatkan data pribadi yang Anda masukkan.

Pastikan log out dari semua akun

Saat Anda menggunakan Wi-Fi gratis untuk membuka email atau media sosial lain yang mengharuskan Anda memasukkan password, ingatlah untuk segera log out begitu selesai menggunakan Wi-Fi tersebut. Meski Anda menggunakan perangkat pribadi, bukan tidak mungkin akun Anda tersebut tetap bisa dibuka oleh orang yang mengelola jaringan Wi-Fi tersebut. Ingat, semua data secara online tidak bisa benar-benar hilang dan masih dapat dicari oleh mereka yang ahli dalam bidang IT.

Intinya, saat Anda memanfaatkan fasilitas Wi-Fi  gratis, bijaklah untuk tidak membuka situs yang memang sekiranya bisa mengundang bahaya. Hindari pula bertransaksi secara online atau mengirim email menggunakan akun pribadi. Anda juga sebaiknya tidak mengganti password pada saat menggunakan Wi-Fi  gratis karena bisa jadi ada orang lain yang mencuri data tersebut. Kalau ingin melakukan aktivitas yang sekiranya penting, lebih baik gunakan paket data atau Wi-Fi yang ada di rumah maupun kantor.

Jangan mengambil resiko dengan menyelesaikan semua pekerjaan dan membuka berbagai akun melalui Wi-Fi  gratis. Meski lebih hemat, namun resiko yang ada di baliknya juga jauh lebih besar. Jadi lebih aman dan nyaman pakai Wi-Fi  sendiri meski ada harga yang memang harus dibayarkan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *